Menu

Menu

Metric Sentiment

Metric Sentiment adalah Metric yang digunakan untuk mengukur emosional pengguna media sosial dalam menanggapi sesuatu. Penggunaan Metric Sentiment ini menghasilkan 3 jenis sentimen sebagai pengukur emosional pengguna media sosial: Positive, Negative dan Neutral.

Perhitungan Metric Sentiment di NoLimit Dashboard dibagi menjadi 2 jenis.

  1. Natural Language Processing: Proses analisis dan perhitungan Metric Sentiment yang dilakukan oleh mesin dengan level akurasi sebesar 86%.
  2. Second-Layer Sentiment Analysis: Proses analisis dan perhitungan Metric Sentiment yang dilakukan oleh manusia (tim analis dan validator) dengan level akurasi mendekati 100%

Dalam penggunaan NoLimit Dashboard, Metric Sentiment dibagi menjadi 4 jenis. Berikut penjelasan dari setiap jenis Metric Sentiment di NoLimit Dashboard.

TALK BY SENTIMENT

Talk by Sentiment adalah metrik yang berfungsi untuk menampilkan jumlah pembicaraan berdasarkan sentimen pengguna di media sosial. Metrik ini akan menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram garis.

Metric Talk by Sentiment digunakan untuk mengecek sentimen dari setiap Talk terkait Brand Anda di media sosial. Metric ini menunjukan hasil analisis setiap harinya, lengkap dengan jumlah sentimen Positive, Negative dan Neutral.

TOTAL TALK BY SENTIMENT

Total Talk by Sentiment adalah metrik yang berfungsi untuk menampilkan total pembicaraan berdasarkan sentimen pengguna di media sosial, dalam kurun waktu tertentu. Metrik ini akan menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran dan tabel.

Metric Total Talk by Sentiment merupakan Metric yang hampir serupa dengan Metric Talk by Sentiment. Perbedaannya adalah Metric ini menghitung secara keseluruhan, bukan lagi setiap harinya. Tujuannya adalah untuk mengecek sentimen analisis dari seluruh aktivitas media sosial Anda.

SENTIMENT BY MEDIA

Sentiment by Media adalah metrik yang berfungsi untuk menampilkan jumlah sentimen berdasarkan platform media sosia,l dalam kurun waktu tertentu. Metrik ini akan menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran dan tabel.

Metric Sentiment by Media digunakan untuk mencari tahu bagaimana performa dari setiap media sosial berdasarkan sentimennya. Dengan menggunakan Metric ini, Anda bisa mengetahui jenis media sosial mana yang menghasilkan sentimen Positive lebih tinggi.

SENTIMENT SCORE

Sentiment Score adalah metrik yang berfungsi untuk menampilkan persentase sentimen analisis dalam kurun waktu tertentu. Metrik ini akan menampilkan visualisasi dalam bentuk teks.

Perhitungan Metric Sentiment Score adalah ((Jumlah sentimen positif – jumlah sentimen negatif) / (jumlah sentimen positif + jumlah sentimen negatif)) x 100

Sebagai contoh, Anda memiliki jumlah sentimen positif 100 dan sentimen negatif 25. Maka perhitungannya adalah ((100 – 25) / (100 + 25)) x 100 = 60 %.

Untuk menambahkan Metric Sentiment di NoLimit Dashboard, Anda bisa menggunakan fitur Flexible Template.

Anda bisa memilih Edit Template pada bagian atas di halaman utama NoLimit Dashboard.

 

Untuk mengubah Metric pada Template, Anda bisa pilih salah satu Template, lalu pilih Customize Template.

 

Pilih Metric yang ingin Anda ganti, lalu pilih Delete.

 

Pilih Add Widget

 

Pilih Metric dan jenis visualisasi dari Metric Sentiment, lalu pilih Save.

 

Secara otomatis, Metric pada widget tersebut akan terganti dengan Metric Sentiment.

 

Apabila sudah selesai mengubah Metric yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menyimpan Template tersebut dengan memilih  Done Editing. Dengan begitu, Metric Sentiment sudah berhasil Anda tambahkan.